ARTIKEL

Cara Mengendarai Mobil Manual Di Tanjakan

Cara Mengendarai Mobil Manual Di Tanjakan dan Tips mengemudi mobil manual di tanjakan

Sobat Atlas BX, kondisi jalan yang menanjak atau menurun adalah sesuatu yang menakutkan bagi para pengendara pemula. Terlebih, kendaaran yang anda gunakan berjenis manual.

Pengemudi mobil harus menyeimbangkan kopling dan gas, supaya mobil tetap bisa melaju di jalan yang menanjak. Ada beberapa tips dari Atlas BX untuk para pengemudi mobil manual, yaitu seperti berikut ini.

1. Pastikan kemiringan tingkat tanjakan

Hal utama yang harus sobat Atlas perhatikan ketika berkendara di jalan menanjak ialah tingkat kemiringan pada jalan.

Sobat Atlas bisa memilih persneling sedang jika kemiringan jalan yang dilalui tidak begitu ekstrem. Jika medan yang kamu lalui mempunyai kemiringan yang ekstrem, kamu dapat menggunakan persneling gigi rendah.

2. Mengalami kemacetan saat kondisi menanjak

Ketika Sobat Atlas mengemudi dan melewati jalanan menanjak, sedangkan di area yang anda lalui terjadi kemacetan, kamu harus bersiap-siap untuk memakai rem dan posisikan gigi rendah. Kamu bisa menerapkan tiga metode pengereman.

Sobatl Atlas Bx bisa mencoba hal ini dimulai dengan rem tangan, kemudian rem kaki dan memakai ‘setengah’ kopling kalau menaiki mobil manual. Hal ini harus sering berlatih agar bisa menerapkan metode ini dengan benar, karena memang sulit untuk dilakukan.

3. Melakukan handbrake jika terjadi kemacetan panjang

Ketika kamu sedang berkendara dan menemui kemacetan di posisi jalan yang menanjak, pilihlah teknik menferem tangan daripada rem kaki dan pakailah setengah kopling.

Hal tersebut akan mengantisipasi jika kaki lelah untuk menekan rem selama macet. Sobat Atlas BX juga harus dalam kondisi tubuh yang prima saat berkendara mobil, khususnya jika berada diperjalanan jarak jauh.

4. Beri jarak antar mobil lain

Untuk menjaga keamanan antar mobil, selalu beri jarak dengan kendaraan lain saat berkendara di jalanan tanjakan. Jarak bisa diperkirakan agar tidak terlalu jauh atau terlalu dekat. Hal ini mengantisipasi dari terjadinya tabrakan, pastinya kita tidak mengetahui apakah mobil di depan atau di belakang kita siap menghadapo hal – hal yang tak terduga. Dengan adanya jarak antar mobil, maka kamu memiliki lebih banyak peluang untuk bereaksi pada suatu kondisi yang berbahaya.

Pastikan Kondisi Mobil Dalam Keadaan Prima

Meskipun anda sudah menguasai cara mengemudi mobil manual di tanjakan ataupun di turunan, faktor kesehatan mobil juga sangat berpengaruh. Mobil dengan konsisi mesin yang prima dapat dipastikan seluruh fungsi pada komponennya dengan baik. Sobat Atlas Bx bisa melalukan servis secara berkala dan tune up mobil anda untuk memastikan bawa kondisi rem, gas, dan kopling bekerja dengan baik. 

Kami merekomendasikan kamu untuk memakai Aki Mobil dari Atlas BX, karena aki mobil Atlas BX sangat cocok untuk mobil kopling. Tidak perlu takut aki soak, karena aki mobil Atlas BX sudah pasti aman, nyaman saat mobil anda dipakai saat di jalan tanjakan.Kami merekomendasikan kamu untuk memakai aki ATLAS BX NS40NZL. Aki mobil Atlas BX ini adalah salah satu aki mobil terpercaya, bisa untuk segala jenis mobil sepertiĀ  mobil sigra, calya, avanza, dan sejenisnya. Jika sobat memakai Aki mobil Atlas BX, tidak perlu lagi menambahkan air aki dan sudah dilengkapi dengan indikator elektrolite.

FAQ Terkait Mengendari Mobil di Tanjakan

Toy car drive uphill and light of sunrise. Concept effort
  • Jika jalanan menanjak gunakan gigi berapa?

Jadi cara yang efektif ketika anda menemui jalur yang menanjak ialah dengan mengguanakan gigi 1 dan gigi 2 pada mobil anda. Jika dihadapai dengan tanjakan yang curam, bisa gunakan gigi 1. Gigi 2 dapat digunakan untuk tanjakan yang sedikit landai.

  • Jika jalan menurun gunakan gigi berapa?

Ketika Sobat Atlas BX melewati jalan menurun, sebaiknya gunakanlah gigi rendah misalnya gigi 3 jika turunan landai, dan gunakan gigi 2 jika turunan cukup tajam.