ARTIKEL

Cara – Cara Melepas Aki Mobil yang Benar dan Cara Pasangnya

Cara – Cara Melepas Aki Mobil yang Benar & Cara Pasangnya

Melakukan pergantian aki pada mobil terkesan sangat mudah untuk dilakukan sendiri. Bahkan, setiap pemilik mobil pun sepertinya mengetahui bagaimana cara mengganti atau memasang aki pada kendaraannya.

Ada catatan atau cara tersendiri jika Anda ingin melakukan pergantian komponen penyimpanan energi listrik tersebut. Terutama saat hendak melepas dan memasang kabel pada kedua kutub aki, yakni negatif dan positif.

Fungsi dari Aki sebagai sumber energi listrik pada kendaraan, mulai dari starter, sistem pengapian, AC, audio hingga beberapa bagian lain dari mobil. Maka dari itu tidak boleh sembarang dalah lepas pasang aki, perlu tahapan cara yang benar baik saat melepas maupun memasangnya agar tidak terjadi korsleting pada kendaraan.

Cara Melepas Aki Mobil yang Benar

Cara teknisi melepas dan memasang aki mobil dilakukan dengan penuh kewaspadaan supaya kompenen mobil dan bagian yang lainnya tidak mengalami kerusukan.

1. Lakukan Secara Hati – Hati

Aki adalah komponen mobil yang berguna untuk menyalurkan daya listrik ke berbagai bagian. Tentu Anda sudah tahu apa yang akan terjadi bila aki tidak dilepaskan dengan benar, bukan? Kendaraan Anda pasti tidak bisa berfungsi dengan normal seperti yang seharusnya.

Maka dari itu, teknisi pasti akan melepaskan aki dengan cara yang benar dan hati – hati agar berbagai sistem kelistrikan lainnya tidak ikut rusak. Hal ini dilakukan supaya perjalanan berkendara Anda dan keluarga tetap aman dan nyaman.

2. Fokus Kepada Bagian Kutub Negatif

Selayaknya sebuah komponen untuk memberikan daya listrik, aki memiliki kutub negatif dan positif. Untuk langkah awal, biasanya para teknisi akan berfokus terlebih dahulu kepada bagian kutub negatif aki. Teknisi akan mulai melepas kabel, baut, dan klem pada bagian kutub negatif.

Alasan harus kutub negatif terlebih dahulu, karena hal ini dilakukan agar tidak hubungan arus pendek, korsleting listrik, atau munculnya percikan api yang bisa membahayakan untuk aki dan juga sistem mesin kendaraan.

3. Mulai Lepaskan Bagian Kutub Positif

Jika sudah melepaskan seluruh bagian kutub negatif maka teknisi akan melanjutkan proses aki dari kutub positif. Selain itu teknisi akan memastikan bahwa kabel dan klem telah terlepas.

4. Angkat Aki Secara Perlahan dan Tegak Lurus

Pada saat seluruh kabel, klem dan kedua kutub aki tidak ada yang tersambung lagi dengan bagian lainnya, maka teknisi bisa mulai mengangkat aki. Proses mengangkat aki ini harus dilakukan dengan cara perlahan dan dengan posisi yang tegak lurus.

Mengapa harus perlahan dan tegak lurus? Karena menghindari cairan di dalam aki tumpah ke luar. Tentunya Anda tidak mau ada cairan aki alias aki yang tumpah lalu mengenai tangan atau bahkan bagian lain dari mesin mobil.

Setelah aki berhasil dikeluarkan maka proses melepaskan aki mobil sudah selesai. Kemudian teknisi akan mulai pasang aki mobil yang baru dengan mengikuti proses yang sudah dilakukan sebelumnya.

Proses pemasangan aki mobil dilanjutkan dengan memasang kabel sesuai dengan kutub negatif dan positif. Proses pemasangan aki akan selesai jika sistem kelistrikan mobil dapat berfungsi dengan baik sebagaimana mestinya.

Pertanyaan Yang Sering Diajukan Para Pemilik Kendaraan

1. Mobil jarang dipakai apakah aki harus dilepas?

Tujuannya ialah untuk memutus arus listrik utama dari jalur listrik grounding. Jika yang dicabut kabel aki positif dulu masih ada aliran arus listrik. Nantinya akan ada percikan yang cukup bahaya dan memicu adanya kebakaran.

2. Apa yang terjadi jika memasang aki dengan keadaan terbalik?

Akan terjadi gangguan pada kelistrikan jika kita salah posisi atau terbalik memasangkan baut terminal aki. Yang akan terjadi jika pemasangan terbalik, biasanya sekring ini akan otomatis putus bertujuan agar mengamankan sistem kelistrikan mobil supaya tidak mengalami korsleting.

3, Apakah aki bisa disimpan dalam waktu lama?

Pada dasarya umur aki memiliki batasan dan biasanya rata – rata dari umur aki 1 sampai 2 tahun, tergantung pemakaian dan pemeliharaan pemilik aki tersebut. Ketika membeli aki jangan sampai dapat yang sudah menjadi stock lama tersimpan di toko karena sangat mempengaruhi atau umurnya semakin berkurang.

4. Apa rekomendasi aki terbaik dengan garansi resmi?

Atlas BX merupakan aki terbaik yang memiliki garansi resmi pertama di Indonesia dengan memberikan kemudahan untuk melakukan claim garansi bila aki bermasalah selama masa garansi. Tanpa perlu buku garansi ataupub cek berkala ! Cukup scan barcode dan aktivasi aki anda otomatis akan aktif.

Cek Post Terbaru